Tanam Perdana Kedelai di Kabupaten Sejuta Pesona

29 Agustus 2018 21:08:36 WIB

Rabu 29 Agustus 2018 Kabupaten Pesisir Selatan yang dikenal juga sebagai Kabupaten Sejuta Pesona dilaksanakan penanaman benih kedelai dalam rangka  kegiatan desa mandiri benih. Kegiatan ini dilaksanakan pada kelompok wanita tani Kelok Indah nagari Kambang Timur kecamatan lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebagai Kelompok Tani penghasil benih kedelai. Acara yang di hadiri oleh gubernur sumatera barat yang di wakili kadis pertanian Sumbar Ir.Candra Msi, bupati pesisir selatan yang di wakili asisten 2 Dandim Pesisir Selatan , Kadis TPHP Pesisir Selatan, Kementrian Pertanian, BPTP Sumbar Camat lengayang beserta muspika Kecamatan Lengayang dan kelompok wanita tani Kelok Indah.
Dalam sambutannya Kadis TPHP Sumbar mengajak kelompok tani ini sungguh-sungguh melaksanakan program Desa Mandiri Benih dimana KWT dibantu dengan Gudang dan Lantai Jemur dengan anggaran 120 juta serta alat pasca panen dan benih dengan anggaran lebih dari 20 juta. Diharapkan KWT ini mampu menghasilkan benih kedelai yang akan digunakan untuk ditanam di kelompok tani lainnya. Pesisir Selatan mempunyai 475.000 ha lahan bukan sawah yang dapat ditanami dengan tanaman palawija, perkebunan dan hortikultura.
Senada dengan Kadis TPHP Sumbar , Bupati Pesisir Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Pemkab Pessel mengharapkan KWT ini mampu menghasilkan benih Kedelai yang berkwalitas dan mampu mengangkat Nagari Kambang Timur sebagai nagari Penangkar Benih Kedelai baik ditingkat lokal maupun nasional. Hal ini juga sejalan dengan Visi Kabupaten Pesisir Selatan mewujudkan kemandirian , khususnya kemandirian petani dalam memperoleh benih kedelai.
Acara yang dilanjutkan dengan penanaman kedelai dengan menggunakan alat  tanam dan dilanjutkan dengan peresmian gudang dan lantai jemur kedelai ditandai dengan pengguntingan pita.

Share Berita :

Gubernur dan Wakil Gubernur

Video Kegiatan