Akreditasi KAN BPSB

19 September 2018 16:06:01 WIB

Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional dengan No. LP. 544 IND Laboratorium Penguji UPTD BPSB Provinsi Sumatera Barat mempunyai kewajiban menetapkan, menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu Laboratorium sehingga bersifat dinamis dan senantiasa mengikuti perkembangan zaman yang berkaitan dengan kebijakan mutu, ruang lingkup pengujian, panduan mutu, prosedur dan instruksi kerja yang dikembangkan sesuai kebutuhan.

Dokumen mutu yang digunakan harus dikomunikasikan dan dipahami oleh personil laboratorium agar laboratorium mampu menjamin mutu hasil pengujian secara terus menerus dan berkesinambungan.  Untuk memastikan semua sistem mutu telah terlaksana maka Komite Akreditasi Nasional melakukan kegiatan Survailen yang dilaksanakan setiap tahun. 

Tujuan kegiatan survailen ini adalah untuk memastikan kompetensi laboratorium yang telah memiliki sertifikat akreditasi.  Sebagai bagian dari proses akreditasi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) maka KAN secara berkala melakukan kegiatan survailen untuk memastikan kompetensi laboratorium sesuai dengan persyaratan.

Demi keberlangsungan status akreditasi laboratorium penguji UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Barat periode 2016-2020 telah dilaksanakan Survailen ke-II oleh Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada hari Rabu, tanggal 17 September 2018 di Laboratorium UPTD BPSB Prov. Sumatera Barat.

Survailen dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Prov. Sumatera Barat Ibu Irawati, MP dan dihadiri oleh Kasi Pengawasan Mutu dan Sertifikasi Benih Bapak Arfan, MM beserta seluruh personel Laboratorium. Asesor yang ditugaskan oleh KAN adalah ibu Salmeiningsih (Asesor kepala) dan Bapak Aziz Purwantoro.

 Survailen dilaksanakan selama satu (1) hari penuh yang dimulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB.  Metode Survailen dilaksanakan dengan cara membagi personel laboratorium menjadi 2 kelompok yaitu Kelompok Manajemen dan Kelompok Teknis. Kelompok manajemen di waikili oleh Ir. Abrar Hamdy dan Selvi Elvia, SP selaku Manajer Mutu dan Deputi Manajer Mutu sedangkan kelompok Teknis diwakili oleh Yuliarti, SP dan Riryn Zulvia, A.Md selaku Penyelia Laboratorium dan Deputi Manajer Teknis. Dari pihak KAN asesor untuk kelompok Manajemen adalah Ibu Salmeiningsih sedangkan asesor untuk kelompok teknis  adalah Bapak Aziz Purwantoro.

 Dari pelaksanaan Survailen tersebut ditemukan beberapa ketidaksesuaian, baik dari kelompok manajemen maupun kelompok teknis. Ketidaksesuaian yang ditemukan masuk kategori 2 dan Kategori 3. Lembar temuan ketidaksesuaian diserahkan langsung oleh Asesor kepala dari KAN kepada Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Sumatera Barat dengan kesepakatan temuan ketidaksesuaian tersebut akan di selesaikan oleh pihak laboratorium paling lambat 30 Hari  kalender setelah asesmen dilaksanakan tepatnya tanggal 17 Oktober 2018.

Share Berita :

Gubernur dan Wakil Gubernur

Video Kegiatan