Sosialisasi Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan di Pesisir Selatan

02 Oktober 2018 12:11:12 WIB

Dalam rangka menetapkan angka LP2B di Pesisir Selatan diadakan Sosialisasi Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan , Selasa 2 Oktober 2018 di Aula Dinas TPHP Pessel. Acara yang dibuka sekretaris Dinas TPHP Pesisir Selatan Zaitul Ikhlas, SPi, M.Sc dihadiri OPD terkait di Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam sambutannya ia menyampaikan data luas sawah baik secara parsial maupun tabular hendaknya disinkronisasikan sehingga tidak ada perbedaan data dengan instansi terkait seperti Statistik, BPR/ATR dan PUPR.

Dalam pengarahan yang disampaikan Kasi Lahan dan Pembiayaan Dinas TPHP Sumbar Ir. Dedek Sri Aulia menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah Menginventaris data Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), Lahan Cadangan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LCP2B) dan Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) dan Menyampaikan usulan data LP2B, LCP2B dan KP2B kepada Dinas Pertanian untuk dijadikan Pergub LP2B Sumatera Barat tahun 2019.

Lahan Pertanian Berkelanjutan ini sesuai dengan  UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang , UU No 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan LP2B , PP No13 Tahun 2017 tentang RTRWN dalam Pasal 66 (2): bahwa dalam upaya perwujudan kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional dilakukan dengan pengendalian luasan pertanian tanaman pangan lahan basah dan/atau lahan kering paling sedikit 7.741.000 ha di seluruh Prov/Kab/Kota dan Peraturan Menteri ATR/BPN No 8 Tahun 2017 tentang Pedoman Pemberian Persetujuan Substansi dalam Rangka Penetapan Peraturan Daerah Tentang Rencana Tata Ruang Provinsi Dan Rencana Tata Ruang Kabupaten/Kota.

Dari Sosialisasi ini dirumuskan dalam seminggu kedepan dapat disampaikan data LPPB di Kabupaten Pesisir Selatan dapat dihasilkan baik tabular maupun parsial.

 

Share Berita :

Gubernur dan Wakil Gubernur

Video Kegiatan