BPTPH-SUMBAR KERJASAMA DENGAN DINAS PANGAN DAN PERTANIAN KOTA PADANG PANJANG LAKSANAKAN GERDAL OPT TIKUS

Posted on 2023-09-09 01:29:14 | by : sekretariat | 251 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PANJANG. Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tikus . Tikus merupakan  OPT utama tertinggi  yang menyerang di Sumatera Barat termasuk Kota Padang Panjang. Dalam rangka mengendalikan OPT Tikus, Balai Perlindungan Tanaman Pangan Dan Hortikultura Sumatera Barat (BPTPH– Sumbar) bersama Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang melaksanakan Gerdal OPT Tikus di Kelurahan Sigando, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Dengan luas serangan 4.7 Ha dan luas terdampak 126 Ha. Kamis, 7 September 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh petani anggota kelompok tani (poktan) Talang Saiyo, Poktan Parak Pisang Sepakat, dan Poktan Pasantoan, serta dihadiri oleh Kepala Dinas  Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang (Ade Nofrita, SP, MP) beserta jajarannya, Kepala Brigade Perlingdungan Tanaman BPTPH-Sumbar beserta jajaran dan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tabanab (POPT) Kota Padang Panjang.

Tantangan terberat dalam mengendalikan OPT Tikus adanya pameo bahwa tikus adalah puti yang jika dikendalikan akan semakin meningkat. Harapannya, dengan adanya gerakan ini dapat memotivasi petani untuk mengendalikan OPT Tikus secara kompak dan serentak.

BPTPHSumbar menyerahkan bantuan berupa 80 kg Petrokum dan 400 btg Brankus (Bom Tikus) untuk mendukung upaya gerdal OPT  tikus ini.