LSO SUMBAR LAKUKAN AUDIT DAN INSPEKSI SERTA SURVAILEN PRODUK OLAHAN PT. LANGKAH HIJAU BERSAMA

Posted on 2023-09-25 20:50:56 | by : sekretariat | 139 kali dibaca | Category: BERITA


PEKANBARU. Lembaga Sertifikasi Organik Sumatera Barat (LSO-Sumbar) Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Audit dan Inspeksi serta Survailen produk olahan organik ke PT. Langkah Hijau Bersama (PT.LHB) di Pekanbaru, Riau  mulai tanggal 20 s.d. tanggal 21 September 2023.

Audit, Inspeksi dan Survailen dilaksanakan terhadap 32 jenis produk olahan (repacking, rebranding dan produksi produk olahan organik) dilakukan sesuai SNI 6729:2016 dan Permentan 64 tahun 2013 tentang Sistem Pertanian Organik dan Perka BPOM No. 1 tahun 2017 tentang Pengawasan Produk Olahan Organik. Pada proses audit diperiksa kesesuaian antara dokumen dengan pelaksanaan dilapangan, mulai dari bahan baku, proses pengemasan, lokasi pengemasan, tenaga kerja, sanitasi hygiene, bangunan tempat produksi , toilet karyawan, proses produksi sampai pemasaran produk organik PT. LHB yang telah menjangkau hampir seluruh wilayah indonesia.

Saat ini PT. LHB sedang menambah ruang lingkup komoditinya dengan empon2/rempah organik seiring dengan permintaan untuk ekspor cukup tinggi, namun terkendala dalam kesediaam bahan baku. Untuk saat ini PT.LHB untuk pemenuhan bahan baku didatangkan dari Jawa Tengah, tentu dengan konsekuensi biaya pengiriman yang lebih tinggi. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha organik di Sumatera Barat.

Diharapkan konsistensi dan komitmen dari PT. LHB untuk terus menyediakan pangan sehat bagi masyarakat, serta dapat menjalin kerja sama dengan petani organik di Sumatera Barat di waktu mendatang. Salam Organik…