FIELD DAY PANEN PADI, UPAYA GALAKKAN PERTANIAN ORGANIK DI KOTA PADANG PANJANG

Posted on 2023-10-23 20:47:35 | by : sekretariat | 228 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PANJANG. Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) dalam upaya mendukung pemberdayaan petani, penerapan diseminasi inovasi teknologi pertanian, maka dilaksanakan Field Day Panen Padi pada Kegiatan Sekolah Lapang Tematik Pertanian Organik di Kelompok Tani Sakato, Kelurahan Ganting, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Selasa, 10 Oktober 2023.

Sekretaris Dinas DPTPH-Sumbar, Dr.Ferdinal Asmin, S.TP., M.P., selaku pembicara menjelaskan tentang pertanian organik. “Pertanian organik adalah pertanian yang berbasis pada sumber daya lokal yang alami. Untuk masa depan yang lebih baik, bagaimana sebuah pembangunan yang berkelanjutan maka harus ada upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menjamin pertanian itu berjalan, jadi pertandingan organik memang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam lokal dan memastikan sumber-sumber tersebut dapat dirasakan  dan dimanfaatkan secara berkelanjutan”.

“Kita harus memahami falsafah dari pertanian organic, dengan adanya sekolah lapang yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dengan berdasarkan kepada pembelajaran dan pengalaman dari petani itu sendiri terkait dengan budidaya yang dilakukan mulai dari penyemaian, pemeliharaan dan proses pasca panen. Semua tahapan proses budidaya tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada disekita lahan pertanian, seperti pemanfaatan pupuk organic dari sisa-sisa tanaman/jerami, pengendalian hama dengan penggunaan pestisida nabati, menjaga keberadaan musuh alami atau menjaga keseimbangan ekosistem dilahan pertanian”. Lanjut Ferdinal.

“Oleh karena itu pemanfaatan sumber daya lokal yang ada itu harus bisa dilakukan oleh petani demi kemandirian yang dilandasi dengan pengetahuan dan keterampilan. Pertanian Organik bisa dijadikan sebagai resolusi yang berkaitan dengan kebutuhan petani yang makin hari dalam biaya operasional dan sulitnya untuk memenuhi kebutuhan dari petani, budidaya yang efektif dan efisien serta menekan biaya operasional dalam budidaya inilah yang menjadia tujuan dari pertanian organic”. Tutup Ferdinal.

Hadir pada kegiatan Field Day Panen Padi tersebut, Tim dari DPTPH-Sumbar terdiri dari Afenelly, S.TP, M.Si., Mimit Karmita SP., M.Si, Retna Nursyam, A.Md, Santi Budi Harty, Afrinda Arifin, Agif Fernanda dan Melinda Susanti, serta tim dari Dinas Pangan dan Pertanian Kota Panjang Panjang. (Sumber : Link Youtube Ferdinal Asmin : https://youtu.be/ZxMnp9vM874?si=2Cf0epD-HE17kGft, SL-PWC)