DPTPH-SUMBAR LAKSANAKAN BIMTEK PENERAPAN GOOD HANDLING PRACTICES (GHP) BAWANG MERAH DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Posted on 2023-11-23 17:08:41 | by : sekretariat | 89 kali dibaca | Category: BERITA


SOLOK SELATAN. Bimbingan Teknis (Bimtek)  Penerapan Good Handling Practices (GHP) Bawang Merah dilaksanakan Pada Kelompok Tani Cempaka II, Nagari Pakan Rabaa Utara Dua,  Kecamatan  Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten  Solok Selatan. Kamis, 23 November 2023.

Bimtek dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dengan peserta sebanyak 15 orang, dipandu oleh Koordinator Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dengan pengawasan/supervisi oleh petugas dari Dinas Pertanian Kab. Solok Selatan dan pengawalan oleh petugas dari Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat.

Materi Bimtek tentang Panen, Pasca Panen (sortasi, grading, packing); pengendalian organisme penganggu tanaman (OPT) Pasca Panen;  pengolahan dan Pemasaran serta praktek lapangan. Kelomp Tani Cempaka II merupakan penerima manfaat paket lengkap bantuan bangsal pascapanen, sarana pascapanen, sarana pengolahan dan kemasan bawang goreng pada tahun 2022 yang dianggarkan melalui dana APBN Satker DPTPH Sumbar.

Maka. pada tahun ini ditindaklanjuti dengan melaksanakan  Bimtek GHP Bawang merah untuk meningkatkan pengetahuan kelompok tani tentang penanganan proses pascapanen bawang merah yang baik dan benar untuk peningkatan nilai tambah serta daya saing produk. (PWC)