DPTPH-SUMBAR LAKSANAKAN BIMTEK PENERAPAN GOOD HANDLING PRACTICES (GHP) PEPAYA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Posted on 2023-11-24 19:05:59 | by : sekretariat | 157 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PARIAMAN. Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) melalui Kepala Bidang Hortikultura, Rezky Hidayat, SP, M.Si, beserta staf penanganan pasca panen Dora Zabrina, SP dan Rahmi Yulita, SP melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Good Handling Practices (GHP) Pepaya di Kelompok Tani Durian Siamih Nagari Batu Kalang Utara Kec. Padang Sago, Kab. Padang Pariaman. Tutur hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Padang Pariaman, Salmiati, SP, MM. Jumat, 24 November 2023.

Bimtek GHP papaya ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dengan peserta sebanyak 15 orang. Penerapan GHP dipandu oleh Koordinator Penyuluh dan Penyuluh Pertanian Lapangan BPP Kec. Padagn Sago, sedangkan untuk pengawasan/supervisi oleh petugas dari kabupaten serta pengawalan oleh petugas dari provinsi.

Dayat menjelaskan materi bimtek tentang panen, pasca panen (sortasi, grading, packing), pengendalian organisme penganggu tanaman (OPT) pasca panen, pengolahan dan pemasaran serta praktek lapangan. Kelompok Tani Durian Siamih merupakan penerima manfaat paket lengkap bantuan bangsal pascapanen, sarana pascapanen, sarana pengolahan dan kemasan kripik dan stik pepaya pada tahun 2022 melalui dana APBN Satker 04 DPTPH-Sumbar. “Pada tahun ini ditindaklanjuti dengan Bimtek GHP Pepaya untuk meningkatkan pengetahuan kelompok tani tentang penanganan pasca panen pepaya yang baik dan benar untuk peningkatan nilai tambah dan daya saing produk. Selain itu, Kelompok Tani Durian Siamih ini pada Tahun 2022 juga sudah melakukan Registrasi Lahan/Kebun yang saat ini sudah dittindaklanjuti untuk mendapatkan Sertifikat Prima 3”, paparnya. (PWC)