TIM BPTPH SUMATERA BARAT VERIFIKASI DATA BENCANA ALAM LONGSOR DI TPA REGIONAL PAYAKUMBUH

Posted on 2024-01-06 21:48:07 | by : sekretariat | 264 kali dibaca | Category: BERITA


Tim BPTPH Sumatera Barat (Ka BPTPH/Afnelly, STP, MSi., Desi Ratna, SSi., Anita Sutriana, SAP) melakukan verifikasi data bencana alam longsor di TPA Regional Payakumbuh pada hari Sabtu, 6 Januari 2024. Kejadian longsor pada tanggal 20 Desember 2023 mengakibatkan tertimbunnya areal pertanian dan menyebabkan kerusakan puso/gagal panen pada tanaman padi (2,24 ha) dan cabe (0,35 ha).

Longsor dipicu oleh hujan intensitas tinggi dengan durasi semalaman pada hari kejadian. Dampak longsor juga menyebabkan rusaknya infrastruktur TPA, pencemaran tanah, air serta dampak terhadap lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil verifikasi data di lapangan dan laporan dari petugas maka akan dibuat kajian ganti rugi/kehilangan hasil sebagai langkah-langkah penanganan pasca longsor bersama dinas Dinas Lingkungan Hidup, SDA dan BK, BPBD dan stakeholder terkait lainnya.

Diharapkan hasil kajian ini bisa membantu petani yang terdampak dan mengalami kerugian. Pasca longsor TPA Regional Payakumbuh ditutup sementara. (Contributed by DR)