DPTPH-SUMBAR LAKSANAKAN VERIFIKASI USULAN CPCL BANTUAN SARANA ALSINTAN PASCA PANEN DI KAB. PASAMAN

Posted on 2024-03-27 20:44:45 | by : sekretariat | 158 kali dibaca | Category: BERITA


PASAMAN. Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) melalui Bidang Tanaman Pangan, diketuai oleh Sub Koordinator Pengolahan Hasil dan Pasca Panen Tanaman Pangan, Kalterina, SP., MM. melaksanakan verifikasi terhadap usulan Calon Petani/Calon Lahan (CPCL) Sarana Pasca Panen Tanaman Pangan untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat 2024 kepada kelompok tani (poktan)  yang telah mengajukan usulan melalui proposal. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 20 s.d. 21 Maret 2024.

Verifikasi usulan CPCL poktan dilaksanakan untuk usulan sarana pasca panen berupa becak motor dan power threiser. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memastikan lokasi dan kondisi dilapangan, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran sehingga asas manfaat dapat dirasakan oleh poktan. Beberapa  hal yang diverifikasi adalah Identitas kelembagaan poktan dan pengurus, luas lahan, apakah sudah pernah atau belum menerima bantuan, dasar usulan poktan terhadap sarana pasca panen yang diinginkan, dan terdaftar di SIMLUHTAN (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian.

Kegiatan verifikasi ini didampingi oleh Tim dari Dinas Pertanian Kab. Pasaman dan Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Lubuksikaping. Poktan yang diverifikasi, untuk becak motor ; Poktan Saiyo Sepakat Nagari Tanjung Beringin, Poktan Taruko Sakato Nagari Pauah, Poktan Indah Baso Nagari Jambak, Poktan Saiyo Nagari Tanjung Baringin Utara, Poktan Sawah Laweh Nagari Durian Tinggi, Poktan Sahabat Mandiri Nagari Tanjuang Baringin Selatan, Poktan Sepakat Nagari Durian Tinggi, Poktan Semangat Baru Nagari V Koto Kec. Binjol dan Poktan Sepakat Bersaudara Nagari Tanjung Beringin Selatan. Untuk Power Threiser ; Poktan Palapa Terpadu Nagari Sundata Selatan, Poktan Tikalak Sakato Nagari Tanjung Beringin, Poktan Makmur Nagari Sundata, Poktan Lembah Harapan Nagari Sundata Utara dan Poktan Sejahtera Nagari Sundata.

Hasil dari verifikasi CPCL ini akan ditindaklanjuti oleh tim verifikasi, jika poktan calon penerima bantuan sarana pasca panen memenuhi syarat akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kelapa Dinas PTPH Sumatera Barat. (PWC)