PELATIHAN OPERATOR CORN SELLER DAN BECAK MOTOR DI KEC. PADANG GELUGUR, KAB. PASAMAN.

Posted on 2023-09-01 11:50:06 | by : sekretariat | 535 kali dibaca | Category: BERITA


PASAMAN. Tim Bidang Tanaman Pangan Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Sumatera Barat, dikomandoi  oleh Sekretaris DPTPH Provinsi Sumatera Barat, DR. Ferdinal Asmin, S.T.P., M.P. melaksanakan Pelatihan Operator Corn Seller dan Becak Motor dipusatkan di sekretariat Kelompok Tani Naburju, Jorong Sontang  Nagari Sontang Cubadak,  Kec. Padang Gelugur Kab  Pasaman, Kamis 24 Agustus 2023.
Peserta pelatihan berasal dari utusan kelompok tani yang menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang sumber pembiayaannya berasal dari dana pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Sumatera Barat Khairuddin Simanjuntak dari Partai Gerindra sebanyak 4 unit becak motor dan pokir  Anggota DPRD Suharjono dari Partai Demokrat sebanyak 3 unit corn seller (perontok jagung). Pelatih untuk kegiatan ini langsung dari penyedia alsintan yaitu CV. Citra Dragon, Riko Andri Agus beserta tim. Turut hadir Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kab. Pasaman, Ambi Yoan Arimanto, S.TP beserta tim  dan Jajaran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Padang Gelugur.
Ferdinal menegaskan bahwa perhatian pemerintah dalam mendukung pemberdayaan di sector pertanian melalui petani yang tergabung di dalam kelompok tani  akan selalu menjadi tujuan utama. Skema dukungan baik berupa anggaran yang dialokasikan melalui APBN, APBD Provinsi atau Kabupaten dan Dana Pokir Anggota DPRD. Untuk itu diharapkan kepada kelompok tani penerima manfaat bisa mempergunakan alsintan ini untuk meningkatkan kualitas kerja, mempermudah kegiatan produksi dan memperbaiki manajemen kelompok tani. Dengan tujuan akhir untuk menekan biaya produksi demi meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani tersebut.
Pada kesempatan yang sama Wali Nagari Sontang Cubadak, Rajab mengatakan “sangat berterima kasih kepada DPTPH Provinsi Sumatera Barat, dengan adanya kegiatan pelatihan operator ini bisa memberikan transfer ilmu kepada operator (petani) dalam mengoperasikan alsintan ini, juga apresiasi kepada Anggota DPRD Sumatera Barat Bapak Khairuddin Simanjuntak dan Suharjono yang telah membantu masyarakat tani di wilayahnya melalui alokasi dana pokir”. (Pengarah Berita :
DR. Ferdinal Asmin, S.T.P., M.P. , Tim Materi : Reziarni Ridwan, SP, Yessi Shintia Dewi, SP, Rida Nasriani,SP dan Syastra Lasmana, STP)