KOMITE AKREDITASI NASIONAL LAKSANAKAN SURVAILEN-2 TERHADAP LSO-SUMBAR

Posted on 2023-09-18 23:33:45 | by : sekretariat | 316 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG. Lembaga Sertifikasi Organik Sumatera Barat (LSO-Sumbar) melaksanakan survailen-2 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan asesor Mulyadi Benteng (Purnatugas Kementerian Pertanian).  Kegiatan dilaksanakan di kantor LSO-SUMBAR, Jl. Raden Saleh No.4A, Padang , Sumatera Barat pada tanggal 14 s.d. 15 September 2023.

Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar), Febrina Tri Susila Putri, SP, M.Si,  menegaskan komitmen dari DPTPH-Sumbar untuk memajukan LSO-Sumbar dengan sasaran pengembangan pertanian organik di Provinsi Sumatera Barat. Hal ini disampaikan ketika bertemu dengan asesor survailen-2, Mulyadi Benteng.

Hal senada disampaikan oleh Sekretatris DPTPH-Sumbar, Dr. Ferdinal Asmin, S.TP. MP, ketika menutup kegiatan survailen-2 LSO-Sumbar. Suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari kerja sama tim LSO-Sumbar yang solid mulai di hari pertama sampai hari kedua (penutupan).

Sebagai Informasi akreditasi berlaku selama 5 tahun dan dalam satu siklus akreditas tersebut akan ada 4 kali asesmen terhadap Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi (LILS) yaitu reakreditasi/awal, survailen 1, survailen 2 dan reakreditasi. Adapun tujuan dari kegiatan survailen ini adalah untuk memastikan kompetensi setiap LILS yang telah memiliki sertifikat akreditasi. Sebagai bagian dari proses akreditasi yang dilakukan oleh KAN, maka KAN secara berkala melakukan kegiatan asesmen untuk memastikan kompetensi Lembaga Penilaian Kesesuaian sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam standar penilaian kesesuaian.  Salam Organik . (Sumber : Halaman Facebook LSO-Sumbar/SLPWC)