TEMU TEKNOLOGI PENYULUH PERTANIAN UPAYA TINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENYULUH PERTANIAN

Posted on 2023-09-19 20:43:19 | by : sekretariat | 302 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG, Upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh Pertanian untuk mempercepat pembangunan bidang pertanian yang akan berdampak pada percepatan adopsi teknologi oleh petani, maka UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) melaksanakan “Temu Teknologi Penyuluh Pertanian”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 14 s.d. 15 September 2023 di Pangeran City Hotel, Padang.

Peserta temu teknologi ini adalah Penyuluh Pertanian Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dan Penyuluh Pertanian dari DPTPH-Sumbar dengan total sebanyak 80 orang.

Untuk Materi pada hari pertama ; Kebijakan Pembangunan Pertanian di Sumatera Barat (Kepala DPTPH-Sumbar), Teknologi Optimalisasi Lahan melalui Pengaturan Populasi Tanaman dan Efisiensi Pemupukan (Syahrial Abdullah), Masalahan dan Solusi dalam Budidaya dan Pengembangan Buah Tropika (Elina Mansyah), Penanganan Pascapanen Good Handling Practice Buah (Heru Rahmoyo, STP, MSi), Pengembangan Pemasaran dan Rantai Pasok Pengangkutan Bawang Merah (Heru Rahmoyo, STP, MSi).

Materi hari kedua ; Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Lokal Untuk Antisipasi Kelangkaan Pupuk (Ismon Lenin), Teknologi Pascapanen dan Pengelolaan Cabai dan Bawang Merah untuk Mendukung Pengembangan UMKM (Kasma Iswari), Teknologi Ekstrasi Katechin Gambir dan Potensi Limbahnya sebagai Pakan Aditif Pencetak Daging Premium (Dr. Anotonius, SPt, MSi).

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini untuk ajang saling tukar menukar informasi maupun pengalaman mengenai keberhasilan penerapan suatu teknologi yang ramah lingkungan yang meliputi teknologi budidaya, pasca panen dan pengolahan hasil. Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan penguasaan pengetahuan dan teknologi tepat guna yang bisa diterapkan di wilayah binaan penyuluh pertanian. (SL-PWC)