WORKSHOP VERVAL SISTEM INFORMASI PENYULUHAN PERTANIAN (SIMLUHTAN) 2023 UNTUK SEDIAKAN BASIS DATA AKURAT DAN PENINGKATAN SDM PENGELOLA SIMLUHTAN

Posted on 2023-09-19 21:35:06 | by : sekretariat | 1456 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG. UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) melaksanakan Workshop Verifikasi dan Validasi (verval) Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (iumluhtan) Tahun 2023.. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 18 s.d. 19 September 2023 di HW Hotel, Padang.

Peserta workshop verval Simluhtan ini adalah Kepala Bidang/Seksi Penyuluhan dan Admin Simluhtan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat sebanyak 75 orang. Seperti diketahui Simluhtan memiliki  data tentang ketenagaan penyuluh, kelembagaan petani dan juga KEP. Data Simluhtan ini sangat penting karena kedepannya akan menjadi basis data untuk perencanaan pembangunan pertanian. Artikata  data Simluhtan yang mencakup jumlah petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani yang kesemuanya menjadi standar tolok ukur legalitas kelembagaan petani dalam pemberian bantuan yang difasilitasi oleh  pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Tujuan akhir dari workshop simluhtan ini adalah  ; pertama, pemutakhiran data penyuluhan pertanian untuk lebih akurat, lengkap dan terkini di Kab./Kota se-Sumatera Barat. Kedua, penguatan kemampuan sumber daya manusia (SDM)  pengelola Simluhtan dalam pemutakhiran data. Ketiga, membangun data tunggal  SDM pertanian. Target output adalah basis data Simluhtan menjadi basis data yang akurat, lengkap dan terkini serta meningkanya kemampuan dan keterampilan SDM pengelola Simluhtan. (SL-PWC)