PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN BURUNG HANTU DALAM PENGENDALIAN OPT TIKUS, BPTPH SUMBAR KUNJUNGI UPT PROTEKSI TPH JAWA TIMUR

Posted on 2023-12-02 16:03:04 | by : sekretariat | 101 kali dibaca | Category: BERITA


Kunjungan BPTPH Sumatera Barat ke Jawa Timur (Kamis, 29 November 2023). Kegiatan dimulai dengan pertemuan bersama UPT Proteksi TPH Jawa Timur (Kepala UPT, Kasubbag TU, Kasi Pelayanan Teknis, Kepala Lab, POPT dan Staf). Kemudian dilanjutkan kunjungan ke Lab PHP, Lab Pengujian Pestisida dan Pupuk.

Selanjutnya dilakukan kunjungan lapangan melihat  pemanfaatan dan pengembangan burung hantu (Tyto alba) untuk pengendalian OPT tikus ramah  lingkungan di kelompok tani (poktan) Lancar Jaya Lestari Desa Keling Kec. Kepung Kab. Kediri. Di Poktan ini T. alba mulai dikembangkan tahun 2013 karena petani banyak mengalami kerugian akibat serangan tikus.

Sejak 2016 penurunan serangan tikus mulai dirasakan petani dan hingga saat ini populasi T. alba sudah semakin banyak. Tercatat ada 32 rumah burung hantu/gupon secara swadaya untuk mengembangkan T. alba yang mampu mengamankan lahan seluas 300 hektar. Karena populasi semakin banyak, T. alba juga dikembangkan wilayah sekitar Blitar hingga ke kabupaten lain. (Contributed by Desi Ratna, SSi.)