TINJAUAN LAPANGAN BANTUAN SARANA PRASARANA DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Posted on 2023-11-16 15:39:21 | by : sekretariat | 230 kali dibaca | Category: BERITA


LIMA PULUH KOTA. Kepala UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar), Afnelly, S.TP., M.Si., beserta jajaran, Penyedia dan kelompok tani penerima manfaat melaksanakan monitoring dan evaluasi bantuan Sarana Prasarana Dampak Perubahan Iklim (DPI) Hortikultura yang difasilitasi oleh Direktorat Perlindungan Hortikultura senilai Rp. 105.000.000.,- melalui UPTD BPTPH Sumatera Barat, berupa pembuatan sumur dangkal di Kelompok Tani Mengkudu Saiyo, Jorong Kubang Rasau Nagari Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Rabu. 15 November 2023

 Pembuatan sumur dangkal telah selesai dilaksanakan dengan kedalaman  4 meter (dengan 5 cincin), kemudian dilengkapi dengan pembuatan 3 buah bak penampung dan sarana pengaliran/pipanisasi untuk mengalirkan air ke lahan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi upaya antisipasi kekeringan/lahan kekurangan air terutama ketika memasuki musim kemarau. Kegiatan ini dialokasikan oleh pusat sebanyak 2 unit di Sumatera Barat yakni di Poktan Mengkudu Saiyo & Hijrah Sepakat di Kab. Solok”, jelas Afnelly.. (Desi R-BPTPH)