DISBUNTAHOR SUMATERA BARAT MONEV ALSINTAN PASCA PANEN DAN UP3HP TAHUN ANGGARAN 2022

Posted on 2023-09-07 23:37:13 | by : sekretariat | 297 kali dibaca | Category: BERITA


BIDANG TP-DPTPH. Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bidang Tanaman Pangan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH –Sumbar) secara marathon melaksanakan monev ke kelompok tani penerima manfaat pengadaan bantuan alsintan pasca panen (corn seller dan power thresher) dan perkembangan Unit Pelayanan Pengembangan Pengolahan Hasil Pertanian (UP3HP) Tahun Anggaran 2022. Kegiatan dilaksanakan di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Monev dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d. 7 September.

Untuk Kota Pariaman monev dilaksanakan di Kelompok Tani Tampuniak Desa Cubadak Air, Kec. Pariaman Utara dengan ketua Yusrizal penerima power thresher dan Kelompok Tani Andesik Desa Sikapak Barat, Kec. Pariaman Utara dengan ketua Jumadias penerima corn seller.

Sedangkan untuk Kab. Padang Pariaman monev dilaksanakan di Kelompok Tani Bintang Harapan Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu di Kec. Sungai Geringging dengan ketua Siri penerima corn seller, Kelompok Tani Bumi Ceria Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu di Kec. Sungai Geringging dengan ketua Zelman Afendi penerima corn seller, dan satu UP3HP Cempaka Putih dengan ketua Desnawati, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau.

Tujuan monev ini untuk mengamati perkembangan, menilai dan mencermati secara terus menerus atau berkala untuk menyediakan informasi tentang status perkembangan pemakaian alsintan pasca panen dan UP3HP tersebut. Sehingga bisa mengidentifikasi permasalahan yang timbul dan merumuskan tindak lanjut yang dibutuhkan. Hasil dari monev ini akan dianalisis untuk menilai pencapaian sasaran, tujuan, dan manfaat dari kegiatan pengadaan alsintan pasca panen dan perkembangan dari UP3HP.

Tim monev terdiri dari Rida Nasriani, SP, Ismayepi, SE, Fera Oktafianti, Amd, Syastra Lasmana, STP dan Ary Kurniawan didampingi oleh tim dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman serta Penyuluhan Pertanian Lapangan PPL dari BPP Sungai Geringging dan BPP Sungai Limau. (SL-PWC)