WAKIL BUPATI KAB. SIJUNJUNG HADIRI FIELD DAY SLAPO DI KELOMPOK TANI SE – IBU NAGARI SUMPUR KUDUS SELATAN KEC. SUMPUR KUDUS

Posted on 2023-09-12 00:48:53 | by : sekretariat | 216 kali dibaca | Category: BERITA


SIJUNJUNG. Field Day (Temu Lapang Petani) dalam rangkaian acara Sekolah Lapangan Pertanian Organik (SLAPO) dilaksanakan pada tanggal 11 September 2023 di kelompok tani se – ibu. Pada acara fielday ini turut hadir Wakil Bupati Kab. Sijunjung, H. Iradaditillah beserta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Sijunjung.  yaitu Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas PUPR serta Camat Sumpur Kudus, Wali Nagari Sumpur Kudus Dan Sumpur Kudus Selatan dan petugas pertanian terkait lainnya. Sedangkan sari Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Satgas Organik, Yusman, SP.,MP.

SLAPO telah dilaksanakan di kelompok tani se – ibu sebanyak sepuluh kali pertemuan yang bertujuan untuk mempelajari dan menerapkan secara lansung praktek – praktek pertanian organik baik dalam hal persiapan lahan/pengolahan tanah, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit tanaman. Sejak dimulainya slapo pada bulan Mei 2023 yang lalu, kelompok tani sudah tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia akan tetapi dapat membuat dan memproduksi sendiri sarana budidaya berupa pupuk dan pestisida dengan memamfaatkan sumber daya lokal yang berada di sekitar areal kelompok tersebut. Adapun total lahan yang dimiliki oleh kelompok tani se – Ibu ±15 Ha dengan total penerapan pertanian organik sekitar 10 Ha.

Pada Kesempatan ini Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung, H. Iradditillah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah mengalokasikan kegiatan SLAPO ini di Kab. Sijunjung. Selain itu, memberikan apresiasi kepada kelompok tani yang telah menerapkan pertanian organic sebagai langkah awal kemandirian petani dalam menghadapi krisis dan kelangkaan pupuk kimia saat ini.

Kasatgas Organik, Yusman, SP.,MP, mengharapkan semua ilmu yang telah diperoleh selama pelaksanaan SLAPO dapat diterapkan secara konsisten oleh kelompok tani serta ditularkan ke kelompok tani sekitar khususnya di Kec. Sumpur Kudus sehingga nantinya bisa dilanjutkan ke tahap proses sertifikasi organik. (BPTPH-SLPWC)