BMSPP DPTPH-SUMBAR UJI ALSINTAN MESIN PERONTOK PADI TIPE PELEMPAR JERAMI (POWER TRESHER) PRODUKSI CV. CITRA DRAGON, KAB. PADANG PARIAMAN

Posted on 2023-09-13 22:34:37 | by : sekretariat | 230 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PARIAMAN. UPTD Balai Mekanisasi Sarana Prasarana Pertanian (BMSPP) Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) melaksanakan pengujian alat mesin pertanian (alsintan) mesin perontok padi tipe pelempar jerami (Power Tresher) produksi CV. Citra Dragon di Kec. VII Koto Sei Sarik Kab. Padang Pariaman Pariaman, Kamis, 31 Agustus 2023.

Pengujian dilakukan oleh Laboratorium Penguji Mutu Alsintan UPTD BMSPP. Tujuan dilaksanakan pengujian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kapasitas dari alsintan yang diuji. Melalui pengujian ini diharapkan mutu alsintan yang beredar dan digunakan dapat terjamin. Hasil pengujian ini berupa diterbitkannya laporan uji/test report yang berlaku selama 3 tahun.

Seperti diketahui, pengawasan pengadaan, peredaran dan penggunaan alat dan atau masin pertanian melindungi pengguna dari alat dan atau mesin yang tidak layak pakai dan mencegah beredarnya alat dan atau mesin pertanian yang mutunya tidak memenuhi standard serta tidak sesuai dengan kondisi spesisifik lokasi, baik produksi dalam negeri maupun pemasukan dari luar negeri. Terakhir untuk  memberi kepastian usaha bagi produsen alat dan atau mesin pertanian terhadap hasil produksinya yang memenuhi standard.(BMSPP-SLPWC)