KEGIATAN TANAM DISPLAY VARIETAS DI POKTAN TIGO SUKU NAGARI BOMAS, KAB. SOLOK SELATAN

Posted on 2023-09-25 16:30:26 | by : sekretariat | 216 kali dibaca | Category: BERITA


SOLOK SELATAN. Bidang Tanaman Pangan Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Barat (DPTPH-Sumbar) terdiri dari Youl K.Salamanda, SP, MM, Devi Wirna, STP, MAP dan Zulfina Gusti.SP melaksanakan kegiatan tanam pada lokasi Display Varietas di Kelompok Tani (Poktan) Tigo Suku, Nagari Bomas, Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan. Tim didampingi oleh Dinas Pertanian Kab. Solok Selatan, Pengawas Benih Tanaman, Busra Effendi,SP dan Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Sungai Pagu, Afnidawati, SP beserta jajaran.(Senin, 25 September 2023).

Kegiatan display varietas dilaksanakan dalam bentuk penanaman dalam petakan-petakan kecil beberapa varietas unggul padi lokal yang berpotensi diminati petani. Untuk dapat dikembangkan secara luas atau disertifkasi beberapa varietas lokal tersebut sudah dilepas oleh pemerintah. Mengingat penggunaan benih varietas unggul bersertifkat yang mempunyai potensi hasil tinggi dan sesuai kondisi setempat, mempunyai peranan penting dalam rangka peningkatan produksi.

Untuk kegiatan display varietas di Poktan Tigo Suku, ditanam 10 varietas padi pada, yaitu Junjung, Cisokan, Bujang Marantau, Banang Pulau, Bawaan, Mapan 02,  PB 42, Batang Piaman, Anak Daro, dan Inpari Gemah. (SL-PWC)