LPMA UPTD BMSPP DINAS PTPH SUMATERA BARAT LAKSANAKAN UJI ALSINTAN HYDROTILLER DAN CORN SELLER DI PADANG PARIAMAN

Posted on 2023-09-25 21:37:19 | by : sekretariat | 341 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PARIAMAN. Laboratorium Penguji Mutu Alsintan UPTD Balai Mekanisasi dan Sarana Prasarana Pertanian Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Sumatera Barat (LPMA UPTD BMSPP Dinas PTPH Prov. Sumbar) melaksanakan pengujian Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) “ Traktor Kura-Kura (Hydrotiller) dan Mesin Pemipil Jagung (Corn Sheller)" produksi CV Citra Dragon Teknik di Kecamatan Sei Sarik Kab. Padang Pariaman. Senin, 25 September 2023.

UPTD BMSPP mempunyai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan atau kegiatan penunjang Dinas dan Perkebunan,Tanaman Pangan dan Hortikultura dibidang mekanisasi pertanian. Salah satunya melakukan Pengujian Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Atas dasar tersebut dibentuk Laboratorium Pengujian Mutu Alsintan (LPMA) UPTD BMSPP yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor LPK : LP-1273-IDN.

Tuntutan akan kebutuhan alsintan saat ini menjadi suatu kebutuhan dalam mengelola bisnis pertanian. Namun, alsintan tidak akan beredar sembarangan jika tidak mengantongi lolos uji dari laboratorium alsintan (Test Report). Mutu produk tidak dapat terlepas dari peran laboratorium dalam proses pengendalian mutu dan jaminan mutu dari produk yang dihasilkan.

Kegiatan pengujian alsintan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kapasitas dari alsintan yang diuji. Melalui pengujian ini diharapkan mutu alsintan yang beredar dan digunakan dapat terjamin. Hasil pengujian ini berupa diterbitkannya laporan uji/test report yang berlaku selama 3 tahun.