PENYERAHAN ALSINTAN CULTIVATOR DAN CORN SELLER DI KAB. PADANG PARIAMAN

Posted on 2023-09-28 01:13:47 | by : sekretariat | 189 kali dibaca | Category: BERITA


PADANG PARIAMAN. Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat (DPTPH-SUMBAR) diwakili oleh Sekretaris Dinas DPTPH-SUMBAR, Dr. Ferdinal Asmin, S.TP., M.P. melaksanakan penyerahan 6 unit alat mesin pertanian (alsintan). Penyerahan alsintan dilaksanakan di salah satu sekretariat kelompok tani penerima manfaat di Kec. Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman. Kamis, 27 September 2023.

Dalam arahannya Ferdinal menekankan kepada kelompok tani penerima manfaat untuk menjadikan alsintan sebagai “alat” untuk membangun kebersamaan dalam berkelompok dengan kemurahan hati dari pengurus dalam mengelola penggunaan alsintan ini untuk kebaikan bersama. Hal ini, tentu dengan adanya aturan dan kesepakatan yang sudah dimusyawarahkan demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan bagi anggota kelompok tani dan masyarakat tani disekitar.

“Tentu fungsi utama dari alsintan adalah untuk optimalisasi dan modernisasi pengelolaan usaha tani yang mampu menekan biaya produksi, sehingga keuntungan yang akan diperoleh akan maksimal dengan tidak melupakan cara pengoperasian alsintan yang baik dan benar, untuk menambah masa pakai dari alsintan itu sendiri”, tutup Ferdinal.

Keenam alsintan yang diserahkan berupa 3 unit cultivator pengadaan dari UPTD Balai Mekanisasi Sarana Prasarana Pertanian dan 3 unit Corn Seller Berkelobot pengadaan dari Bidang Tanaman Pangan DPTPH-Sumbar. (SL-PWC)