UPTD BPSB SUMBAR ADAKAN WORKSHOP DALAM UPAYA TINGKATKAN PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN VARIETAS UNGGUL

Posted on 2023-11-28 20:31:41 | by : sekretariat | 263 kali dibaca | Category: BERITA


BUKITTINGGI. Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifkasi Benih (BPSB) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yelfi Fatriezi, MP menghadiri dan membuka acara Workshop Pengembangan Varietas Unggul. Workshop dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 28 s.d. 29 November 2023 di Balai Diklat Pertanian BPPP Sumatera Barat, Bukittinggi.

Dalam sambutannya Yelfi menyampaikan tujuan dari workshop ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait kendala/permasalahan rendahnya penggunaan varietas unggul khususnya varietas unggul asal Sumatera Barat yang telah dilepas oleh Kementerian Pertanian, juga untuk mendapatkan informasi kegiatan teknologi perbenihan oleh Pemulia Tanaman dari Lembaga Penelitian, dan untuk mendapatkan solusi serta pemecahan masalah dalam hal pengembangan penggunaan varietas unggul asal Sumatera Barat yang telah dilepas.

“Sasaran workshop ini adalah untuk meningkatkan pengembangan penggunaan 19 varietas unggul asal Sumatera Barat yang telah dilepas oleh Kementerian Pertanian dan langkah-langkah aplikatifnya di lapangan”, sambungnya.

Workshop Pengembangan Barietas Unggul ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari : Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat; Petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT); dan Staf Teknis Lingkup UPTD BPSB Sumatera Barat. Narasumber berasal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Tanaman (PPVTPP) Kementerian Pertanian, Wiji Astutiningsih, SP., M.Si dengan materi Pendaftaran dan Pelepasan Varietas Tanaman; Motivator/PBT dari BPSBTPH Provinsi Jawa Barat, Abas Alibsyah, SP dengan materi Cappacity Building; dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Prof. Irfan Suliansyah dengan materi Teknologi Perekayasaan Perbenihan; dan dari UPTD BPSB Sumatera Barat, Ir. Yelfi Fatriezi, MP dengan materi Pengembangan Varietas Unggul di Sumatera Barat. (PWC)