BPTPH SUMBAR - DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KAB. BLITAR ADAKAN PERTEMUAN TENTANG PELAKSANAAN SLPHT PADA TANAMAN CABE DENGAN PEMANFAATAN APH (PESTISIDA NABATI, PSB, TRICHODERMA, MOL)

Posted on 2023-12-02 16:16:17 | by : sekretariat | 109 kali dibaca | Category: BERITA


Hari ke-2 Kunjungan BPTPH Sumatera Barat ke Jawa Timur. Setelah ke UPT Proteksi TPH Jawa Timur dan kelompok tani (poktan) pengembang Tyto alba di Kediri, kegiatan dilanjutkan ke Kab. Blitar dengan Kepala Dinas pertemuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Blitar bersama, SubKoord POPT, Koord PPL, PPL serta turut mendampingi LPHP Wilker Tulung Agung (Kepala Lab, POPT dan staf).

Selanjutnya kunjungan lapangan ke Poktan Maju Mapan di Desa Sumberingin Kec . Sanankulon dimana petani secara swadaya dan penuh semangat melaksanakan SLPHT pada tanaman cabe dengan pemanfaatan APH (pestisida nabati, PSB, Trichoderma, Mol).

Petani juga mulai menerapkan pertanian organic dan ramah lingkungan seperti pada tomat dan sayuran. Kunjungan berikutnya di Poktan Karya Makmur Desa Penataran Kec. Nglegok yang sejak 2020 bertani mandiri dengan pemanfaatan bahan organik dan berbasis ekologi. Petani sudah bisa mengurangi pemakaian pukim, membuat APH sendiri dan dampaknya peningkatan pertumbuhan& produktivitas. Petani makin mandiri&ekonomi pun membaik (Contributed by DR)